Monday, August 14, 2006

Da Vinci Code d’Movie

Akhirnya kesampean juga keinginan saya buat nonton film Da Vinci Code, setelah beberapa rencana yang gagal dengan beberapa teman. Terjebak di kemacetan menuju Ciwalk, kesusahan cari parkir, deg2an karena temen yang nungguin udah nelpon2 mulu..finally we made it Tan :D. Jadi pengen nulis tentang ini, ga peduli tulisan saya hanya akan menambah list jutaan review tentang film ini yang udah dimuat di internet, koran, majalah apa kek, pengen aja. Coz I’ve been waiting for this movie since I read in internet that they have a plan to make it. If I’m not mistake, it’s about a year ago. A story from my favourite novel ‘collide’ with my favourite actor. Sejenis ‘tabrakan’ yang sempurna, dan buat saya hal itu tampak seperti superposisi dua gelombang yang saling menguatkan (huehehe..mulai berlebihan :P) Kontroversi yang menyelimuti mulai dari awal rencana pembuatan sampe udah mo tayang makin nambah bargaining-nya di mata saya. Seems that nothing can avoid me from watching this film. Review yang jelek, ga peduli. Komentar temen-temen bernada negative kaya “biasa aja”, “standar’, “ga sebagus novelnya”, ga bikin semangat saya luntur sedikit pun. Suer.

Pas nonton, hmm..okey, saya mulai berpikir ekspektasi saya berlebihan. Makin lama, yah..emang biasa aja. Buat saya alurnya cepet banget, sampe yang saya lakukan sepanjang film hanya mengingat-ingat bagian mana dari bukunya yang lagi dilakonin di layar sekarang. Yang lucunya ingatan dalam otak saya tuh sering nyampur-nyampur sama cerita-nya Dan Brown yang laen which is Angels&Demons, jadi suka bingung sendiri (btw, denger2 Sony Pictures udah punya rencana untuk ngefilm-in novel yang satu itu juga ya?). Ga ada sensasi ketegangan selama nonton, I mean kayanya penonton ga involved gitu. Datar aja.Tom Hanks bahkan tak bermain ‘secerdas’ biasanya, kaya aktingnya dalam ‘Cast Away’ ato ‘Forrest Gump’ apalagi ‘the Terminal’ (but he is still my favourite J ) Karakter yang laen pun tak banyak membantu. Yang paling mending kalo kata saya sih Jean Reno yang jadi Bezu Fache, sama Leigh Tabing. Plus teks yang dihilangin setiap ada cerita yang berhubungan dengan ke-Kristen-an. Sebenernya yang paling bikin saya kecewa sih, gedung2 bersejarah yang dipaparkan di novelnya cuma disorot dikit banget. Padahal saya udah membayangkan keindahan museum Louvre. .Yah sebenernya ga kecewa-kecewa banget sih, karena honestly cukup terhibur juga dan kaya udah biasa aja kalo film yang diadaptasi dari novel yang udah keburu ngetop dan jadi bestseller seringkali tak sebagus yang diharapkan. Maybe it b’coz we already have a previous knowledge about the story, the character, even the environtment that surrounding the scene. Since we have that kind of knowledge, we’ve build our film in our mind, and we have a great expectation that the director will realizing all ‘those things’ we’ve in our mind. Just maybe. Analisis sok tau nih :D For your information di minggu pertamanya film ini langsung jadi no1 di box office, meraup untung 224 juta dollar Amerika dan jadi no2 film dengan untung terbesar dalam 1 minggu pertama tayang setelah Star Wars 3 : The Revenge of The Sith. Yah, not bad lah. Karena mungkin banyak orang yang kaya saya ini, udah baca novelnya dan penasaran dengan filmnya, ato yang belum baca dan mikir it easier to watch than read. Tapi saran saya buat yang belum nonton, jangan mau nonton sama yang belum baca soalnya bakal keganggu dengan pertanyaan macam “eh, Tabing tuh sapa ya”..oh plis. Males banget kan kalo kudu ngejelasin sambil nonton. (itu ga kejadian sama saya sih, tapi sama temen saya yang bercerita dengan betenya :P). Saran yang kedua, kalo emang duit terbatas, ga rugi juga kok buat nonton nya ntar-ntar aja di TV (walo entah kapan bakal di puter) ato nunggu para Rileks’er yang baek hati nyimpenin buat kita biar bisa ngedownload dari sana. :D

Overall, film ini cukup menghibur, ya point saya 7 skala 10 lah (huek, sok2an jadi pengamat sinema, males bgt ya :P), tapi kalo mo lebih puas mending baca novelnya aja deh.

Met nonton buat yang masih pengen nonton, met baca buat yang belum baca, met bersabar ria buat yang belum sempet nonton dan memilih untuk setia menunggu kehadiran film ini di Rileks. Hehehe…

No comments: