Saturday, February 24, 2007

Jangan Marah!!!!!

Pernah nonton film Anger Management?? Bagi yang sudah, tentu masih ingat bagaimana pemeran utama di film itu berusaha untuk bisa mangelola kemarahannya agar tidak pecah dan merusak semua rencananya, termasuk meminang perempuan yang dicintainya. A smart movie ( I thought...)

Well, di kehidupan sehari-hari pun yang namanya marah mungkin sudah jadi bagian dari hidup kita. Potensi untuk marah pada diri seorang individu sangat besar, mungkin sebagai implikasi dari egonya sebagai makhluk yang paling sempurna penciptaannya. Wallahualam. Dan ibarat energi potensial, potensi kemarahan itu bisa kapan saja berubah menjadi energi kinetik. Meledak dan menghancurkan. Maybe thats why wise man say : ANGER is just one letter shorter than DANGER!!! Dan tentang mengelola kemarahan ini, saya memang masih harus banyak belajar. Meski saya pikir saya udah sedikit mendingan sekarang. I should give a credit for myself for that.

TAPIIIIIIII kalau Anda mengahadapi sesuatu yang SANGATTTTTTTT menyebalkan, mengganggu, menghantui, membuat Anda bermimpi buruk, memudarkan kesabaran dari diri Anda perlahan lahan, mencabik ego dan emosi Anda, lantas kemarahan menjadi suatu kewajaran bukan??? Toh, setiap manusia juga punya batas kesabaran?? Toh, kita bukan malaikat yang tidak dikaruniai nafsu dan emosi?? Toh para Nabi dan Rasul pun pernah marah?? Dan ya, kita akan menemukan seribusatu alasan untuk membenarkan kemarahan kita. Karena kita melihat (tentu saja) dari sudut pandang kita yang (sekali lagi) harus menghadapi hal yang tidak menyenangkan tadi. Disalahkan tanpa sebab, disudutkan tanpa diberi kesempatan untuk membela diri, difitnah tanpa tahu asal muasal permalahan. How come, that’s what we will think about, rite??? Yah mungkin tulisan ini juga salah satu wujud kemarahan, gapapa lah daripada lebih jelek nantinya kalo tidak dikeluarkan. I just felt like emosi saya sedang sangat rentan, ibarat gelas kristal yang ditaruh di ujung jurang, diantara badai. So fragile, tinggal menunggu sang bayu bertiup, maka jatuhlah gelas itu dan..prang..pecah berkeping-keping. (sounds hiperbolic..yes!! as me always)

Pfiiiiuuuuuhhh (really really taking a pure deep breathe)..Ya sudahlah, sedang mencoba menjalankan nasehat Nabi… JANGAN MARAH!!! Karena kemarahan adalah salah satu jalan setan menguasai kita.

PS : Untuk mbak yang rajin “mengingatkan”, I won’t hate u..ever, just fell angry to myself, for not being sensitive. And a lill bit angry to you, for not letting me explain what the truth is really going on. SORRY… L

- 21 Februari 2007 -

No comments: