Friday, April 4, 2008

3J

Kalau temen-temen membaca judul tulisan ini, mungkin temen akan teringat dengan rumus-rumus hidup bahagia ala Aa Gym, misalnya 3M, 5S, dsb. Tapi yang ini beda, rumus ini bukan dari Aa Gym, tapi dari seorang teman, dan saya pikir akan bermanfaat buat saya maupun temen-temen.

Mungkin masih lekat dalam ingatan kita lantunan lagu Raihan yang berisi nasehat Nabi SAW untuk memperhatikan lima perkara sebelum lima perkara lainnya. Salah satunya adalah perkara sehat sebelum sakit. Saya termasuk orang yang sangat parah dalam hal ini.. Maksudnya dalam memperhatikan kesehatan, yang kata orang hampir semuanya berasal dari makanan. Yups, kalau dirunut riwayat kesehatan, saya itu paling akrab dengan yang namanya typhus. Entah kenapa sepertinya bakteri salmonella merasa tubuh saya mungkin tempat yang sangat kondusif untuk menetap. Buktinya saja, dalam empat koma enam tujuh tahun masa kuliah saya (ga mau dibulatkan jadi lima hehehe :D) saya kena tipus sampe 4 kali, kalau dirata-ratakan 1,17 tahun sekali, paling parah sih pas tahun2 terakhir kuliah, sampe 3 kali dalam dua tahun. Walaupun tipus ini identik dengan mahasiswa, tapi saya tau ada yang salah dengan saya kalau sampai saya mengalami itu berulang-ulang. Dan benar saja, kalau mau jujur penyebabnya yang salah adalah pola makan saya yang tidak sehat dan tidak terjadwal (hehehe, maklum mahasiswa :p)

Dan balik lagi ke rumus 3J tadi, untuk menjaga kesehatan itu ya awalnya mulai dari menjaga makanan. Dan 3J ini bisa jadi panduan. J yang pertama adalah Jenis. Teman saya itu (yang adalah sarjana Farmasi, jadi saya pikir ekspertasi nya di bidang medis bisa “cukup” dipertanggungjawabkan :D) bilang yang penting perhatikan jenisnya. Tidak semua makanan itu sehat, makanya dalam Islam itu kita diperintahkan makan yang halal dan thoyyib, halal saja tidak cukup harus thoyyib alias baik juga. Nah lo, jelas J yang pertama ini sudah gagal saya penuhi, wong saya males banget makan sayur, yang katanya adalah makanan paling sehat didunia ini hehehe..tapi belakangan ini saya sedang belajar makan sayur sih, mohon doanya ya teman . J yang kedua adalah Jadwal. Jadwal makan kudu bener dan konsisten. Well, what can I say, sungguh tidak saya banget, selain sering dirapel makannya, kadang2 malah lupa..pantesan aja sakit. J yang terakhir tuh Jumlah. Ini juga kudu diperhatikan. Jangan berlebihan, jangan sampe kurang juga. Toh untuk jumlah ini, Rasul pun telah mencontohkan, isilah perutmu dengan 1/3 makanan, 1/3 minum, dan 1/3 udara dan kita juga dingatkan untuk berhenti sebelum kenyang. Dan saya gagal lagi memenuhi J yang satiu ini sodara2, karena tidak tentu dan suka dirapel makannya, so jumlah makanan yang masuk ke perut saya juga suka berlebihan atau malah kurang sama sekali. Lengkap sudah, STRIKE OUT saya, pantesan aja tipus dan maagh selalu menyertai. Ehhm, tapi itu dulu sodara-sodara, pas jaman masih kuliah, kalau sekarang? Hehehe, sedikit (banget) lebih baik lah.

So, kalau memang ingin sehat, rumus dari temen saya ini bisa dipraktekkan kok. Murah, meriah dan tidak susah. Rumus biasa sih sebenernya, mungkin masuk dalam nasehat standar semua orang tua kita, tapi somehow kok ya kita males (atau ga mau) mempraktekkannya. Tapi beneran deh, yang pernah sakit bakal tau nikmatnya sehat. Dan masih menurut teman saya ini, usaha kita menjaga kesehatan ini termasuk wujud syukur kita pada yang memberi kesehatan. So, mari mulai sekarang canangkan hidup sehat dengan 3J, sekalian mendukung program pemerintah untuk menyehatkan rakyatnya hehehe.. (saya juga masih usaha kok :D)

2 comments:

Anonymous said...

mudah2an gw bs ngejalanin 3J nya.. amiin...

Anonymous said...

hihi...
really strong woman..
tapi sekali nya sakit,bbegh...
penyakidh lumayand...

hags..hags..hags...

(cie.cie.bahasa anak gawoouul gethoo...hags..hags...)