Saturday, April 1, 2006

Belajar dari orang biasa yang luar biasa*

Sebenernya udah lama mo posting blog lagi. Tapi ga pernah ada kejadian ato ide yang bener-bener bikin saya tergerak buat posting, but today is different..so this is it…

Ceritanya hari ini ga seperti biasanya, saya balik agak cepet dari kampus, thanks to temen se lab saya yang udah nyerobot komputer yang mo saya pake (huh..laen kali awas ya kalo gitu lagi). Kalo nggak, saya tak kan bertemu dengan tokoh luar biasa di tulisan ini. Skenario 4JJI memang tak terduga. Di perjalanan saya kegerahan, haus, bete soalnya batere hp saya abis, udah gitu cuacanya puanasssss banget (beneran, ga hiperbolis kok.. :P) pokoknya males banget deh. Yang terbayang pas di angkot adalah nikmatnya minum Pop Ice coklat dingin di warung depan kosan nanti (hehehe.maklum ga ada kulkas di kos :D ).

Di jalan deket kosan, tiba-tiba saya liat seorang bapak tua –umurnya sekitar 70an lah- lagi dorong gerobak, hhmmm...bubur sum-sum,kayanya oke juga nih, pasti bakal seger banget. Baru sekali ini saya liat bapak itu. Akhirnya di tengah jalan saya cegat gerobaknya, trus langsung deh pesen 1 bungkus bubur sum-sum pake es. Harganya ternyata cuma seribu bo..hoooo…murah juga pikir saya, soalnya pagi-pagi suka ada yang jual bubur sum2 juga di depan kosan dan harganya 2000. So hanya ½ harga biasa. Sambil nyiapin pesenan saya, sambil terus tersenyum bapak itu komentar ”kasian ya si eneng, panas-panas gini, baru pulang kuliah, pasti capek ya neng” Komentarnya biasa aja sih, bahkan mungkin anda akan berkata wajar aja si bapak ngomong gitu, wong dia jualan kok, ya harus baek2 lah ke pembeli. Tapi kalo anda denger nada bicara bapak itu, anda bakal menangkap ketulusan disana. Padahal jelas-jelas yang jauh lebih capek dan berpanas-panas tuh si bapak, sempet-sempetnya manaruh rasa iba ketika ngeliat saya, begitu pikir saya. Beside.. pas azan, terdengar lafaz takbir otomatis meluncur dari bibirnya. Saya makin kagum melihatnya.

Ga beres sampe situ. Pas udah nerima bungkusan dari si bapak, baru selangkah berjalan, ga sengaja saya ngejatuhin bungkusan es saya (no wonder huh??!!) Si bapak kaget melihatnya, dan langsung ingin membuatkan lagi yang baru. Terang saja saya ga mau, kasian banget, udah saya yang salah, kok mau dikasih lagi. Tapi si bapak tetep keukeuh sumekeuh. Aduuh,,,saya jadi terharu. Apalagi pas bapaknya bilang ga tega liat saya, udah capek, panas, esnya jatuh pula. Bahkan beliau tak mau menerima uang dari saya. Can u imagine that???? Yang saya pelajarin di TI, yang namanya orang jualan tuh pasti pengennya dapet untung sebanyak-banyaknya, ini malah mau ngasih orang lain. Akhirnya saya maksa biar boleh tetep bayar.

Just it. Ceritanya sampe situ aja. Quite simple huh?? tapi saya bener-bener terkesan. Mungkin gara-gara bosen liat kondisi di kampus, semua orang ribut dengan kepentingan masing-masing, hidden agenda, ketidaktulusan, dll, makanya saya jadi terkesan melihat si bapak. Hmm...sekali lagi saya dapet pelajaran berharga hari ini. Betapa di sekitar saya ada orang-orang biasa yang luar biasa. Yang begitu tabahnya dalam berusaha, begitu tulusnya dalam berempati dan begitu ikhlasnya dalam memberi.

Nb:
* klo ga salah ini judul bukunya mas Prie GS (CMIIW) punten ga niat sama sekali buat ngejiplak, tapi pas mo nulis ini, that title just flash on my mind and i thought that’s perfect for this.

23 Maret 2006

No comments: